FUNGSI DAN PENINGKATAN MOTIVASI KINERJA GURU


FUNGSI DAN PENINGKATAN MOTIVASI KINERJA GURU

By: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I

(Guru Sang Dewo (SMPN 2 Pagerwojo) & Akademisi UIN Maliki Malang)

 

A.     Fungsi Motivasi Kinerja Guru

Motivasi akan mempengaruhi kegiatan individu untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan dalam segala tindakan. Sebagaimana diungkapkan oleh Sardiman A.M. dalam bukunya Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar yang menyebutkan bahwa motivasi memiliki tiga fungsi, yaitu:

  1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.
  2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.
  3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan.

Hal tersebut berlaku umum bagi semua orang, begitu juga untuk kinerja guru. Tanpa adanya motivasi yang datang, baik intrinsik maupun ekstrinsik, maka semangat guru dalam bekerja secara profesional tidak ada dan tidak akan tumbuh. Akibatnya guru akan bekerja untuk memenuhi tuntutan formalitas, baik dalam pendesainan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran.

B.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kinerja Guru

Motivasi bisa ditumbuhkan sejak awal mungkin, karena itu motivasi tidak lahir dengan sendirinya. Untuk mendapatkan hasil kinerja yang tinggi diperlukan adanya motivasi yang tinggi dari diri sendiri, karena itu ada beberapa tokoh yang mengkategorikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi. Faktor tersebut adalah faktor yang ada pada diri individu dan faktor yang ada di luar individu atau dikenal faktor sosial.

Pada sub bab sebelumnya sudah dijelaskan bahwa motivasi belajar terbagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa motivasi seorang guru untuk bekerja dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada dalam diri siswa, psikologi guru, bakat, minat dan sebagainya. Selain itu, juga dipengaruhi oleh lingkungan di luar dirinya.

Herzberg yang dikutip oleh Rifa Hidayah mengungkapkan faktor-faktor motivasi antara lain:

  1. Keberhasilan pelaksanaan
  2. Pengakuan
  3. Pekerjaan itu sendiri
  4. Tanggung jawab.

Kondisi kesiapan guru untuk bekerja sangat mempengaruhi kinerjanya. Jika guru bekerja dalam keadaan tidak siap maka akan tidak menghasilkan tujuan yang maksimal. Maka dari itu seorang guru harus memenuhi berbagai kebutuhan yang ada dalam hidupnya. Kebutuhan tersebut diantaranya adalah kebutuhan fisik yang mencakup kesehatan fisik, tercapainya gizi dan nutrisi yang seimbang, serta apakah secara umur kronologis siswa sudah siap untuk sekolah ataukah belum. Kebutuhan Psikologis, seperti kasih sayang, rasa aman, status, perhatian, kebebasan,  prestasi dan pengalaman. Serta kebutuhan akan lingkungan sosial termasuk hubungan dengan keluarga, msyarakat serta kebutuhan akan teman.

C.     Upaya Peningkatan Motivasi Kinerja Guru

Supervisi dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja guru. Kinerja yang dapat ditingkatkan adalah kinerja dalam mendesain pembelajaran dan juga kinerja dalam proses pembelajaran. Supervisor harus mampu memahami permasalahan yang dihadapi oleh guru baik dalam mendesain pembelajaran ataupun ketika proses pembelajaran. Maka dari itu, supervisor harus mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru tersebut, baik masalah-masalah keluarga, pribadi ataupun yang lainnya.

Di samping itu, supervisor harus mampu menumbuhkan motivasi guru untuk bekerja lebih giat dan profesional, dengan cara memberikan semangat, baik dengan cara memberi penghargaan maupun yang lain. Supervisor harus dapat memberikan contoh yang baik kepada para guru, karena supervisor adalah teladan bagi guru. Supervisor juga harus memberikan dorongan-dorongan spiritual maupun emosional agar gurunya lebih giat dalam bekerja, dan mampu memenuhi kualifikasi sertifikasi guru.

SEKIAN

SEMOGA BERMANFAAT

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 555 other followers

%d bloggers like this: