TUJUAN DAN LANGKAH BERCERITA


TUJUAN DAN LANGKAH BERCERITA

By: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I
(Guru Sang Dewo (SMPN 2 Pagerwojo) & Akademisi UIN Maliki Malang)

 

Adapun tujuan bercerita bagi anak yaitu menanamkan pesan-pesan atau nilai-nilai sosial, moral, dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita, sehingga mereka dapat menghayati dan menjalankan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai moral anak berkaitan dengan bagaimana seharusnya sikap moral seseorang yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai agama berkaitan dengan bagaimana seharusnya seseorang bersikap dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan pada ajaran agama yang diyakininya.

Guru dapat memberikan informasi tentang lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang perlu diketahui oleh anak. Lingkungan fisik berkaitan dengan segala sesuatu yang ada di sekitar anak selain manusia. Lingkungan sosial berkaitan dengan peri kehidupan manusia yang meliputi orang yang ada dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Tujuan yang ingin dicapai melaui kegiatan bercerita serta tema yang akan dipilih oleh guru menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan lain. Guru memiliki kebebasan untuk menentukan bentuk cerita yang dipilih, sepanjang bisa menggambarkan isi cerita dengan baik. Bahan dan alat yang dipergunakan dalam kegiatan bercerita sangat bergantung kepada bentuk cerita yang dipilih sebelumnya. Dan untuk mengetahui ketercapaian tujuan dapat dilaksanakan penilaian dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita untuk menumbuhkan pemahaman anak akan isi cerita yang telah disampaikan tersebut. Kegiatan bercerita merupakan kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan anak serta pencapaian tujuan pendidikan. Sebelum melaksanakan kegiatan bercerita, guru terlebih dahulu harus merancang kegitan bercerita berupa langkah-langkah yang harus ditempuh secara sistimatis diantaranya :

  1. Menetapkan tema dan tujuan cerita
  2. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih
  3. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita.
  4. Menetapkan rancangan langkah-langkah dengan mengkomunikasikan tujuan dan tema cerita, mengatur tempat duduk, melaksanakan kegiatan pembukaan, mengembangkan cerita, menetapkan teknik bertutur, dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.
  5. Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita.

SEKIAN

TERIMA KASIH

About these ads

2 responses

  1. When I first saw this title TUJUAN DAN LANGKAH BERCERITA Muhammad Fathurrohman on google I just whent and bookmark it. fantastic points altogether, you simply gained a new reader. What may you recommend about your post that you simply made some days in the past? Any positive?

  2. When I first saw this title TUJUAN DAN LANGKAH BERCERITA Muhammad Fathurrohman on google I just whent and bookmark it. Definitely believe that which you said. Your favorite reason appeared to be at the internet the easiest factor to be mindful of. I say to you, I certainly get irked while other people consider issues that they plainly do not understand about. You controlled to hit the nail upon the highest and outlined out the whole thing without having side-effects , folks could take a signal. Will likely be again to get more. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 554 other followers

%d bloggers like this: