SHOLAT KHOUF


SHOLAT  KHOUF

By: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I

Sholat khouf adalah sholat dalam keadaan ketakutan. Sholat ini mulai disyare’atkan pada tahun ke 6 setelah hijrah dan khusus untuk umat baginda nabi Muhammad SAW.dalil untuk sholat ini adalah firman Allah SWT yang berbunyi  واذاكنت فيهم فأقمت لهم الصلاة juga firman lain yang berbunyi     فان خفتم فرجالا او ركبا نا sedang dalil dari hadits nabi yaitu praktek langsung yang dilakukan oleh beliau baginda nabi dan juga haditsصلوا كما رايتموني اصلى Sholat ini bentuk atau caranya bermacam-macam hingga mencapai 16 macam yang didalamnya diperbolehkan melakukan hal-hal yang dilarang dilakukan dalam sholat keadaan normal.Melakukan sholat ini terpraktek ketika terjadi peperangan dengan segala bentuknya kecuali pemberontak yamg memerangi pemerintah yang adil dan jujur atau disebabkan kejadian-kejadian yang mungkin biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari,diantaranya sholat seseorang yang takut hartanya diambil orang lain.

 Dengan demikian apabila harta kita diambil atau dicopet orang lain, sedangkan kita dalam keadaan sholat ( fardlu atau sunah ) maka kita boleh mengejarnya sampai mendapatkan lagi harta tersebut. Oleh karena itu apabila pencopet tadi menjatuhkan harta tadi sehingga sudah kembali ketangan kita maka, boleh langsung menyempurnakan sholat ditempat itu juga.

Sholat khouf juga bisa terpraktek ketika terjadi bencana seperti kebakaran, banjir, tanah longsor atau  bahkan karena ada binatang buas. Dengan begitu kita boleh lari sambil sholat dan langsung menyempurnakannya ketika sudah aman. Bahkan kita  boleh sholat sambil maengejar orang yang punya hutang pada kita yang hendak lari dari kita.

Sholat-sholat yang kita kerjakan disebabkan hal-hal diatas, tidak perlu (tidak wajib) diqodhoi kembali.

Selain sholat-sholat dalam keadaan seperti diatas tadi,bahkan kita tidak wajib melakukan sholat pada waktunya, artinya boleh meninggalkanya pada saat itu ketika takut tertinggal wuquf diarafah dalam ibadah haji,dikarenakan mengqadhai haji jauh lebih sulit dibanding mengqadhai sholat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: