MEMAHAMI MAKNA INTELIGENSI


MEMAHAMI MAKNA INTELIGENSI

By: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I

(Guru Sang Dewo (SMPN 2 Pagerwojo) & Akademisi UIN Maliki Malang)

 

A.    Latar Belakang

Kecerdasan merupakan salah satu anugrah besar dari Allah SWT kepada manusia yang menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dengan kecerdasan ini, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks melalui proses berfikir dan belajar sepanjang hayat “long life education”.

Selamapara ahli mengembangkan penelitian tentang neurology kecerdasan mulai tersingkap dengan jelas. Diketahui bahwa dalam tengkorak manusia terdapat segumpal benda yang disebut dengan otak. Dari kesimpulan sains diketahui bahwa terdapat pembagian dalam otak yang sangat mempengaruhi pola berfikir manusia dan pusat kecerdasan, yaitu otak kanan dan otak kiri. Oleh karena itu, banyak orang berpendapat bahwa semakin besar volume materi otak menentukan tingkat kecerdasan seseorang.

Kecerdasan pada awalnya menjadi perhatian utama bagi kalangan ahli psikologi pendidikan. Statemen kecerdasan menurut para ahli, tidak dilatarbelakangi oleh kesuksesan, akan tetapi para ahli meninjau kecerdasan dari segala aspek (sisi dalam/internal), sementara pandangan masyarakat awam agak berbeda karena dasarnya dari kesuksesan/kelebihan dibanding dengan masyarakat pada umumnya (sisi luar).

Inteligensi merupakan salah satu aspek yang penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya seorang anak dalam belajar, manakala anak memiliki inteligensi yang normal, tetapi prestasi belajarnya sangat rendah sekali. Hal ini tentu disebabkan oleh hal-hal yang lain, misalnya sering sakit, tidak pernah belajar di rumah, dan sebagainya. Kalau anak memiliki inteligensi dibawah normal, maka sulit baginya untuk bersaing dalam pencapaian prestasi tinggi dengan anak yang mempunyai inteligensi normal atau diatas normal. Kepada anak yang demikian, hendaknya diberi pertolongan khusus atau pendidikan khusus, seperti bimbingan dan sebagainya.

B.     Definisi Inteligensi

Istilah inteligensi telah banyak digunakan, terutama di dalam bidang psikologi dan pendidikan. Namun secara definitif istilah itu tidak mudah dirumuskan. Banyak para ahli yang mendefinisikan inteligensi, namun satu sama lain memberikan definisi yang berbeda sehingga belum bisa diperoleh definisi yang tepat mengenai inteligensi.

Kecerdasan (dalam bahasa ingris disebut intelligence dan bahasa arab disebut aldzaka’) menurut arti bahasa adalah pemahaman, kecepatan dan kesempurnaan sesuatu. Dalam arti, kemampuan (alqudrab) dalam memahami sesuatu secra cepat dan sempurna. Begitu cepat penangkapanya itu sehingga Ibnu Sina, seorang psikolog falsafi menyebut kecerdasan sebagai kekuatan intuitif (albads).

Menurut Imam Malik dalam bukunya menyebutkan bahwa inteligensi adalah suatu kesanggupan atau kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan dengan cepat, tepat dan mudah. Jadi seseorang yang inteligensi akan dapat melakukan pekerjaan baik pekerjaan yang bersifat fisik atau mental dalam waktu yang singkat  merasa mudah mengerjakannya dan selesai dengan sempurna.

Kecerdasan menurut Peaget, sebagaimana dikutip Efendi, adalah apa yang kita gunakan pada saat kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, selain itu kecerdasan adalah sebuah proses bukan sebuah tempat. Conny Semiawan, sebagaimana dikutip Suharsono, mengikhtisarkan berbagai pengertian dan definisi tentang kecerdasan (intelligence) dari para ahli tesebut ke dalam tiga kriteria, yaitu: judgment (penilaian), comprehention (pengertian), reasoning (penalaran).

Definisi kecerdasan menurut para ahli, sebagaimana dikutip Hidayah, adalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan untuk membuat kombinasi
  2. Kemampuan untuk berfikir abstrak
  3. Kemampuan untuk membuat koneksi/asosiasi
  4. Kapasitas global atau sekumpulan perilaku individu untuk bertingkah laku yang terarah/bertujuan, yang didasari cara berfikir rasional dan bersifat efektif dalam menghadapi situasi lingkungan. Inteligensi menyangkut: kemampuan untuk belajar, kapasitas menyesuaikan diri pada situasi baru, kemampuan menyerap pendidikan yang diberikan, dsb.

Kecerdasan adalah kemampuan belajar disertai kecakapan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapinya. Inteligensi adalah kecakapan yang terdiri dari 3 jenis, yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan ke dalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat.

Dalam pengertian yang lebih luas Crow and Crow, mengemukakan bahwa inteligensi berarti kapasitas umum dari seseorang individu yang dapat dilihat pada kesanggupan pikiranya dalam mengatasi tuntutan-tuntutan kebutuhan baru, ke dalam ruhaniyah secara umum yang dapat disesuaikan dengan problema-problema dan kondisi-kondisi yang baru di dalam kehidupan.

Ada kata lain yang dipakai untuk menunjukkan kecerdasan ini seperti rasyid, kata ini lebih mengarah kepada kecerdasan keagamaan dan ada pula yang dikenal al-rasikh yang muatan maknanya lebih dekat kepada pemahaman keagamaan. Di samping itu ada kata akal, alat fikir yang terletak di otak manusia. Akal adalah daya fikir atau proses pikiran yang lebih tinggi yang berkenaan dengan pengetahuan, daya akal budi, kecerdasan berfikir, atau boleh juga berarti terpelajar.

Kata lain yang menunjukkan akal dalam Al-Qur an ada bermacam-macam ungkapan, seperti :

  1. Ya’qiluun artinya mereka yang berakal
  2. Yatafakkaruun artinya mereka yang berfikir
  3. Yatadabbaruun artinya mereka yang mempelajari
  4. Yarauna artinya mereka yang memberi perhatian
  5. Yanzhuruun artinya mereka yang memperhatikan
  6. Yabhatsuun artinya mereka yang membahas
  7. Yazkuruun,artinya mereka yang mengingat
  8. Ya’lamuna,artinya mereka yang mengetahuinya
  9. Yudrikuna artinya mereka yang mengerti
  10. Yaqrauuna artinya mereka yang membaca

Jadi sebenarnya al-Qur’an yang turun 1,5 milenium yang lalu telah mengemukakan terlebih dahulu mengenai inteligensi.

SEKIAN

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: