REVIEW HASIL PENELITIAN ISLAM PESPEKTIF POSTKOLONIAL


REVIEW HASIL PENELITIAN ISLAM

PESPEKTIF POSTKOLONIAL

 “ISLAM PASCAKOLONIAL;

Perselingkuhan Agama, Kolonialisme, Dan Liberalisme”

Karya : Ahmad Baso

By: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I

(Guru Sang Dewo (SMPN 2 Pagerwojo) & Akademisi UIN Maliki Malang)

  1. Review Hasil Bacaan

–    Menulis Ulang Islam Pasca-11 September:

Buku Islam Pascakolonial: Perselingkuhan Agama, Kolonialisme, dan Liberalisme karya Ahmad Baso ini adalah yang pertama memperkenalkan studi dan teori-teori pascakolonial ke dalam sejarah pergumulan agama-agama (terutama Islam) dengan kolonialisme Belanda di Indonesia.

Pendekatan buku ini menjadi relevan saat ini di tengah maraknya proses liberalisasi agama seperti model “Islam liberal”. Buku ini menelusuri masuknya paham “liberal” dan “kemodernan” dalam sejarah kolonialisme seperti diperkenalkan oleh kebijakan pemerintah kolonial Belanda tentang Islam.

Menurut Baso, Islam yang diperkenalkan kolonialisme adalah Islam yang diatur, diadministrasi, dan mudah dikontrol. Sementara Islam yang dianggap liar, bebas, dan susah diatur seperti kelompok-kelompok mistik dan tarekat, digeser ke pinggir dan dicap khurafat, kriminal, dan juga fanatik. Pendekatan liberal terhadap Islam ini memungkinkan Belanda menempatkan Islam pertama-tama sebagai objek kajian, lalu sebagai objek pengawasan, seperti dibuktikan dalam kemunculan sarjana Belanda, C. Snouck Hurgronje.

Ada dua alasan mengapa Islam dipandang penting. Pertama, Islam merupakan agama mayoritas bangsa pribumi; kedua, Islam adalah agama sekaligus ideologi transnasional yang memiliki sejarah konflik yang panjang dengan peradaban Eropa. Penulis mengeksplorasi lebih jauh peran Snouck Hurgronje yang berhasil menjadikan praktik-praktik adat dan keagamaan tradisional sebagai agenda pemerintahan kolonial, baik dalam hukum maupun sebagai objek pengawasan polisi dan kejaksaan.

Secara khusus, penulis mendasarkan metode pelacakan historisnya pada genealogi Michel Foucault. Dalam genealogi, yang menjadi pokok perhatian adalah bagaimana sebuah pengetahuan atau wacana menjadi bagian integral dari cara berkuasa atau menguasai (hlm. 39).

–    Kebudayaan, Agama dan Kolonialisme; Tentang Studi Poskolonial.

–    Turbulensi “Islam versus Barat” : Orientalisme Menemukan Islam Sebagai Pendisiplinan.

–    Penemuan “Kuasa” Jawa dan Islam: Masa Lalu Kolonialisme Sebagai Masa Depan Liberalisme

–    Penemuan Polisi Kolonial: Pengawasan Dalam Agama, Agama Sebagai Pengawasan.

–    Penemuan “Hukum Islam” dan Intervensi Terhadap Perempuan.

–    Penutup: Dari “Dipandang” ke “Memandang” Oposisi Subaltern dan NU Pascakolonial

 

 

  1. Metode Penelitian yang Dipakai

Pendekatan yang dipakai oleh ahmad baso dalam penelitiannya tentang kajian islam pasca colonial adalah “pendekatan sejarah”, namun yang dipakai oleh ahmad baso bukan pendekatan-pendekatan sejarajarah yang bersifa diskriftif dan naratif seperti yang pernah di lakukan oleh para sejarawan tempo dulu.

Ahmda baso mencoba menganalisis secara kritis terkait dengan dinamika kehidupan beragama bangsa Indonesia yang pernah mengalami penjajahan oleh bangsa-bangsa eropa. Dia juga mencoba membahas masalah-masalah kekinian dengan tidak mengabaikan factor-faktor masa lalu (kekolonialan) yang berkaitan dengan persoalan agama.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Penelitian

Kelebihan buku ini :

Kekurangan buku ini: dalam menganalisis data tentanng fakta – fakta yang memebentuk sejarah masa kini tidak runut (bolak-balik/ maju mundur) dan cenderung eklektif,- bagi si pembaca harus memliki kejelian dalam memahami tiap paragraph-,

Masih banyak istilah-istilah serapan (asing) yang tidak diberi penjelasan.

Buku ini cenderung memaksa si pembaca untuk bisa menyelam bersama-sama penulis/ berangan-angan tentang suatu yang belum pernah terfikirkan.

SEKIAN

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: