Pengetahuan Umum

BIROKRASI DAN PEMERINTAHAN YANG BAIK

Oleh: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I

Birokrasi yang dalam bahasa Inggris disebut bureaucracy berasal dari kata bureau (berarti meja) dan cratein (berarti kekuasaan), maksudnya kekuasaan berada pada orang-orang yang di belakang meja. Di Indonesia, birokrasi cenderung diartikan berbelit-belit. Kendati sebenarnya bila orang-orang yang di belakang meja itu disiplin, terampil, taat pada tugas, dan tidak membedakan orang, maka hal yang dikhawatirkan tersebut di atas tidak  akan terjadi.

Menurut Weber, birokrasi adalah metode organisasi terbaik dengan spesialisasi tugas, walaupun kemudian banyak pakar yang mengkritik Weber. Seperti Warren Bennis yang menyampaikan perlunya kebijaksanaan memperhatikan keberadaan manusia itu sendiri. Birokrasi tetap diperlukan di kantor-kantor pemerintah, terutama di negara-negara berkembang yang harus dipacu dengan kedisiplinan.

Birokrasi identik dengan pemerintah baik itu pusat maupun daerah, merupakan organisasi publik yang mempunyai komposisi terstruktur, hierarkhis, mempunyai pembagian kerja dan spesifikasi tugas yang sistematis dan jelas, kode etik, disiplin dan memiliki kontrol operasional.

Dalam sejarah perkembangannya, birokrasi di Indonesia mengadopsi nilai-nilai luhur budayanya sendiri berupa azas gotong royong dan kekeluargaan sebagai alat untuk mencapai tujuan dan berubah menjadi pamong praja (pegawai negara). Tapi apa yang ada ternyata telah mengalami distorsi sehingga mengalami perubahan dengan berbagai variasi karakter yang ada sekarang ini.

Kelemahan dari birokrasi adalah perilaku paternalistik yang berlebihan, perilaku ini melahirkan budaya ABS (Asal Bapak Senang) yang telah memasung tingkah laku birokrat terhadap kemurnian panggilan tugasnya yang mulia. Pelayanan yang semakin menyimpang tidak lagi berbasis kepada peningkatan kesejahteraan umum dan publik sebagaimana fungsi semula tetapi lebih berat kepada pemenuhan kebutuhan atau kesejahteraan segelintir orang yang disebut hubungan patron-klien yang hampir sama dengan ABS. Kelemahan birokrasi juga bersumber dari luar dan salah satunya adalah faktor politik dimana pada pemerintahan masa lalu dan sekarang ditempatkan sebagai sumber rebutan atau sebagai arena pertarungan antar berbagai kekuatan politik. Realita yang terjadi pada birokrasi Indonesia. Pengaruhnya jelas, birokrasi terkotak-kotak ke dalam berbagai perpecahan berdasarkan kekuatan kutub-kutub politik yang ada ketika itu yang mengakibatkan pelayanannya kepada publik melahirkan standar ganda antara loyal pada pemerintah atau tunduk pada partai politik yang menunjuknya, dan pada era reformasi yang menjadi noda hitam pemberdayaan birokrasi adalah politisi yang mempolitisasi birokrasi.

Dalam era otonomi daerah ini, reformasi birokrasi menemukan momentum yang lebih tepat. Dengan diberikannya kewenangan yang demikian luas beserta sumber pembiayaannya, daerah dituntut kreatif dan tidak bergantung
kepada Pusat dalam menjalankan fungsinya. Sementara di lain pihak, tuntutan
kebutuhan masyarakat yang harus dilayani birokrasi kian kompleks dan bertambah kuantitasnya, di samping tingkat kesadaran publik yang makin tinggi. Kondisi ini mengharuskan organisasi publik siap melakukan perubahan-perubahan fundamental organisasional untuk menuju good governance.

A.      Karakteristik dan Pelaku Birokrat

Ada beberapa karakteristik dan perilaku birokrat yang akhir-akhir ini menjadi patologis (penyakit) dalam pemerintahan, diagnosisnya sebagai berikut:

  1. Budaya feodalistik masih terasa.
  2. Kebiasaan menunggu petunjuk pengarahan.
  3. Loyalitas kepada individu bukan kepada tugas organisasi.
  4. Belum berorientasi pada prestasi.
  5. Keinginan untuk melayani masih rendah.
  6. Belum ditopang teknologi secara menyeluruh.
  7. Budaya ekonomi biaya tinggi.
  8. Jumlah pegawai negeri relatif banyak tetapi kurang bermutu dan asal jadi.

Sebelum bangsa kita dijajah oleh Belanda, Inggris, Portugis, dan Jepang, beberapa suku bangsa kita telah mengenal berbagai budaya kerajaan. Dalam budaya ini kawula begitu segan serta cinta kepada gustinya. Setelah penjajah meninggalkan negeri ini, bangsa asing itu pun begitu menjadi momok yang serba ditakuti, baik dalam sanksi-sanksi maupun intimidasi kaum penjajah.

Oleh karena itu, pemerintah baik di pusat maupun di daerah seakan mengambil alih fungsi kerajaan. Jadi, bagaimanapun kecilnya gaji suatu kantor pemerintah tetap saja dirindukan sebagai idola pekerjaan. Atau bagi yang tidak memperoleh kedudukan tetap saja mengemisi kehadirannya menjadi pegawai negeri sipil.

Pengaruh budaya feodalistik ini yaitu hubungan antara bawahan terhadap atasan, akan memunculkan pengkultusan. Itulah sebabnya, setiap kegiatan menjadi absah bila dianggap sudah mendapat restu dari atas atau dari pusat kekuasaan pemerintahan.

Pada setiap perhelatan, bupati dan gubernur selalu mendapat porsi istimewa. Termasuk dalam penyuguhan gadis penari jaipong yang menarik pejabat dengan selendangnya, sementara kemudian sang pejabat menyelipkan uang di kutang yang seharusnya menjadi aurat yang dilindungi. Itulah sebabnya, pimpinan di Indonesia dituntut untuk menjadi contoh. Sebab apabila pimpinan memiliki kesalahan bukannya diprotes tetapi malahan ditiru secara tertutup.

Dalam seleksi kenaikan pangkat dan jabatan atau penerimaan pegawai, yang berlaku adalah penerimaan dan pengangkatan pegawai sesuai selera pimpinan. Dengan demikian, terjadi primordialisme yang nepotisme, bukan berdasarkan prestasi kerja. Begitu pula dalam pelayanan, mereka yang didahulukan dalam pelayanan pembuatan SIM, KTP, IMB, dan lain-lain adalah mereka yang bersedia memberi uang lebih dengan istilah “segalanya bisa diatur”. Eksesnya sudah barang tentu mereka yang tidak memiliki uang dan dana lebih, tersendat-sendat urusannya.

Bila pada masyarakat Jepang orientasinya adalah pada pengabdian yang ditujukan pada kesuksesan kelompok (tim). Sehingga bila ada seseorang yang mempecundangi maka dikhawatirkan organisasi merasa malu, lalu yang bersangkutan mengundurkan diri bahkan yang paling tragis melakukan harakiri. Tetapi dalam masyarakat Indonesia, loyalitas pengabdian hanya pada atasan. Itulah sebabnya, bila atasan tidak masuk kantor maka bawahan juga tidak masuk kantor. Pada gilirannya para pejabat pemerintah dapat memanfaatkan kedudukannya untuk mengumpulkan kekayaan pribadi, sepanjang atasan tidak menghalanginya, dan apabila bersalah tidak berkenan mundur.

Sebaliknya, bila kultur Barat dan Indonesia dibandingkan, kultur Barat sangat menghargai hak-hak individu, sedangkan di Indonesia sangat menghargai masyarakat. Pada satu sisi, hal tersebut mempunyai ekses negatif. Di Barat, berkembang keinginan individu untuk bebas yang cenderung pada dekadensi moral. Sedangkan di Indonesia cenderung kelompok masyarakat yang dihormati haknya hanyalah sekelompok kecil yang kemudian menyebut diri kelompok elit. Di Barat, tidak menutup kemungkinan pejabat pemerintah ditelanjangi di depan umum. Tetapi di Indonesia, para kawula bahkan berpuasa untuk gustinya. Kendati dalam ajaran agama mana pun, berpuasa itu adalah hanya untuk Yang Maha Pencipta. Jadi, karena keinginan penghormatan kepada pemerintah inilah setiap pemberontakan di Indonesia bersifat setengah hati dan selalu gagal. Karena ada istilah tidak mungkin anak melawan bapaknya, dalam arti anak adalah pemerintah daerah sedangkan pemerintah pusat adalah bapaknya.

Berdasarkan pada uraian tersebut, maka untuk bisa menuju atau menciptakan birokrasi sebagai agen pembangunan yang lebih kompetetif, adaptif, dan responsif dalam memberikan pelayanan publik dan melaksanakan pembangunan, maka dinas pemerintahan harus melakukan perubahan dan pembaruan yang mengarah pada karakteristik berikut.

  1. Struktur dan proses birokrasi harus jelas, tegas, dan fleksibel.
  2. Para birokrat harus mengetahui apa yang menjadi tujuan birokrasi.
  3. Para birokrat harus mengetahui apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.
  4. Para birokrat harus mempunyai kemampuan dan kejelian dalam mengenali, mengidentifikasi masalah, kebutuhan, dan kepentingan yang dihadapi oleh masyarakat tempat birokrasi itu berada.
  5. Para birokrat harus mempunyai kemampuan dalam memobilisasi dan mendayagunakan sumber daya local untuk memecahkan masalah dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
  6. Para birokrat harus membuka kesempatan yang seluas-luasnya pada warga masyarakat untuk berkonsultasi.
  7. Para birokrat harus berani mengambil keputusan sesuai dengan kompetensi mereka.
  8. Para birokrat harus senantiasa mendorong dan mengajak warga masyarakat untuk aktif berpratisipasi dan ikut serta dalam melaksanakan pembangunan secara terpadu.

B.       Organisasi Pemerintahan

Walaupun terdapat keidentikan pendapat para pakar tentang organisasi, tetapi untuk melihat pengertian, berikut ini penulis akan memberikan pendefinisian tersebut, yaitu sebagai beikut.

Menurut James D. Mooney (1954):

Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose (maksudnya organisasi adalah segala bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama).

Menurut John D. Millet (1954):

Organization is the structural framework within the work of many individual is carried on for the realization of common purpose (maksudnya organisasi adalah sebagai kerangka struktur di mana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama).

Menurut Chester L. Bernard (1968):

Organization is the system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal, largerly a matter of relationship  (maksudnya organisasi adalah sebagai sebuah sistem tentang aktifitas kerja sama dua atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud atau tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi).

Dari definisi-definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa definisi organisasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Wadah atau tempat terselenggaranya administrasi.
  2. Di dalamnya terjadi hubungan antar individu maupun kelompok, baik dalam organisasi itu sendiri maupun keluar organisasi.
  3. Terjadi kerja sama dan pembagian tugas dalam organisasi tersebut.
  4. Berlangsung proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.

Ada dua jenis organisasi secara global di semua negara, yaitu organisasi pemerintah dan organisasi nonpemerintah (baik swasta yang bernuansa dagang maupun nondagang). Khusus untuk organisasi pemerintah merupakan syarat utama suatu negara di samping wilayah, penduduk, dan pengakuan. Organisasi pemerintah dapat berubah tetapi perubahan negara berarti pembubaran negara itu sendiri.

Organisasi pemerintah berbeda dengan organisasi mana pun di dunia, karena ada tiga hal penting yang dimilikinya sebagai wewenangnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Bila organisasi lain tidak diperkenankan membunuh orang dan bahkan dapat dituntut maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan hukuman mati.
  2. Bila organisasi lain tidak diperkenankan mengurung orang walaupun dalam waktu yang sangat singkat maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan penjara atau lembaga pemasyarakatan.
  3. Bila organisasi lain tidak diperkenankan memungut uang dengan paksa tanpa alas an yang jelas karena pemberian jasa tertentu maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan pajak.

Kewenangan tersebut di atas diberikan karena pemerintah diharapkan akan mengatur ketertiban di setiap negara. Oleh karena itu, pemerintah tidak diharapkan zalim, itulah sebabnya ada pihak kekuatan lain menjadi pengawasnya yang berasal dari wakil rakyat.

C.      Sumber Daya Manusia Indonesia

Bila sebuah kantor yang besar membutuhkan beberapa orang pegawai baru, biasanya mereka menyebarluaskan kebutuhan tersebut di berbagai media massa, dengan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk itu diinvestasikan dana yang tersedia bagi acara penerimaan tersebut, agar dengan mengikuti penyeleksian yang canggih diperoleh sumber daya manusia yang diperlukan.

Di pihak tenaga kerja juga ditentukan umur yang pantas untuk memulai bekerja, yaitu antara umur 18 sampai dengan 55 tahun. Angkatan kerja harus memenuhi syarat, baik syarat fisik maupun syarat rohani. Dalam penyeleksian administrasinya saja sudah dicari mana yang berasal dari perguruan tinggi terbaik atau mana yang dari perguruan tinggi swasta (disamakan, diakui, terdaftar). Sang calon dicari mana yang menduduki ranking teratas, kemudian setelah itu diseleksi pengalamannya, keterampilannya, iktikad baiknya, gaji yang diminta, serta moralitas peserta.

Berikutnya barulah dilangsungkan tes tertulis, wawancara, psikotes, kesehatan untuk mengetahui tingkat kecerdasan intelektual, tingkat keterampilan seni bekerja, dan tingkat kebaikan moral. Dengan begitu bukan hanya intelegensia tetapi juga diketahui kadar emosional dan spiritual peserta.

Kepada para calon pun masih diberikan training, kursus, dan berbagai macam jenis lainnya untuk mematangkan pengetahuannya di bidang yang akan dikerjakannya setelah bertugas nanti. Begitulah seharusnya penerimaan pegawai pemerintah. Hanya saja kenyataan jauh panggang dari api. Karena banyak yang diterima adalah karena ikatan saudara dengan pejabat personalia, karena pemberian sesuatu dari calon pekerja, sehingga kolusi seperti ini di Indonesia tidak lagi menjadi rahasia umum.

Recruitment (pengerahan) pegawai seperti ini yang berangkat dari mereka yang memenuhi syarat (requirement) ini tidak dijumpai dalam perekrutan pegawai pemerintah, yang dapat diamati dari hal-hal di bawah ini.

  1. Pengumuman pencarian tenaga pegawai negeri sipil biasanya tidak diumumkan secara besar-besaran. Kecuali testing yang diberitakan media massa untuk membentuk opini publik bahwa testing berjalan sesuai aturan. Namun, tetap terjadi permainan di belakang layar untuk mencegah pers yang tetap mencoba memantau. Dikatakan demikian karena dalam setiap penerimaan pegawai dipastikan selalu ada anak pejabat ataupun kerabat pihak personalia yang diterima.
  2. Kolusisulit sekali dideteksi karena tidak sama dengan korupsi yang dapat dipantau dari manipulasi laporan. Kolusi berangkat dari pemberian sesuatu apa pun dari pihak yang berurusan kepaqda pihak pejabat yang berwewenang, agar mendapat kemudahan urusan.
  3. Ekses negatifnya, mereka yang tidak memberikan sesuatu lalu mengalami kesulitan kalau memang tidak diurus sama sekali, ini pulalah yang berlaku dalam sebagian besar penerimaan pegawai pemerintah.
  4. Dengan demikian, pada gilirannya tidak menutup kemungkinan bahwa yang diterima menjadi pegawai negeri sipil adalah mereka yang tidak memenuhi syarat, karena testing dan seleksi hanya menjadi formalitas belaka. Bahkan karena menganggap bekerja sebagai penyambung hidup saja maka menjadi pegawai bukan merupakan menjadi abdi praja yang biasa diletakkan dalam slogan selama ini.
  5. Selanjutnya, untuk pengiriman tugas belajar diutamakan bagi mereka yang belum terpakai dalam formasi. Jadi, bukan mereka yang hendak dipromosikan untuk diorbitkan. Maksud pengiriman tugas belajar itu agar tidak merebut posisi pejabat yang sudah mapan.
  6. Selain itu, andaikata pengiriman sekolah pihak tertentu cukup berbakat namun tetap karena ada kekerabatan dengan pihak pejabat pendidikan dan pelatihan sehingga dengan begitu pembayaran uang kuliah dapat berjalan lancar.

Inilah keseluruhan sebab-sebab sulitnya memotivasi pegawai negeri sipil untuk berprestasi dan mengabdi pada bangsa dan negara, karena yang diperebutkan dalam bekerja adalah berbagai tempat yang basah atau cukup memberikan keuntungan bagi yang bersangkutan.

D.      Pelayanan Pemerintahan

Fitzsimmons (1982) mengatakan bahwa :

Customer satisfaction with service quality can be defined perception of received with expectation of service desired (maksudnya rasa puas orang yang memerlukan pelayanan bisa diartikan  dengan memperbandingkan bagaimana pandangan antara pelayanan yang diterima dengan harapan pelayanan yang diharapkan).

Jadi, dalam pelayanan pemerintah, rasa puas masyarakat terpenuhi bila apa yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Ketika masyarakat menghendaki pembuatan kartu tanda penduduk, izin mengemudi, izin mendirikan bangunan, dan lain-lain dikerjakan dalam waktu yang singkat, dengan biaya relatif murah serta mutu yang baik. Jadi, bila yang mereka terima adalah pembuatannya dikerjakan berlarut-larut, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dan tidak transparan, serta kemudian mutu surat izin tersebut buruk, tidak bisa dibaca, salah tanggal dan nama, atau keliru lokasi maka masyarakat tidak puas.

Jadi, yang namanya pelayanan terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu sebagai berikut:

  1. Biayanya relatif harus lebih rendah,
  2. Waktu untuk mengerjakan relatif cepat, dan
  3. Mutu yang diberikan relatif lebih bagus.

Namun demikian, tidak semua keinginan masyarakat harus diikuti oleh pemerintah sebagaimana di negara-negara liberal. Contohnya permintaan akan didirikannya berbagai lokalisasi seperti:

  1. Izin perjudian,
  2. Izin pelacuran,
  3. Izin penjualan senjata api,
  4. Izin foto cabul.

Hal tersebut di atas tidak sepatutnya diizinkan karena bersifat dekadensi moral dan pemerintah harus mengantisipasinya.

E.       Manajemen Pemerintahan

Secara etimologi manajemen (dalam bahasa Inggris ditulis dengan management) berasal dari kata manus (berarti tangan) dan agere (berarti melakukan) yang setelah digabung menjadi kata manage (bahasa Inggris) yang berarti mengurus, atau managiere (bahasa Latin) yang berarti melatih.

Menurut George Terry (1964):

Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling performance to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources (maksudnya manajemen adalah suatu proses khusus yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya).

Menurut John D. Millet (1954):

Management is the process directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desire end (maksudnya manajemen adalah proses kepemimpinan dan pemberian arah terhadap pekerjaan yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki).

Jadi, pada garis besarnya manajemen adalah kemampuan mengurus organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan semua. Manajemen baru merupakan suatu masalah besar setelah faktor dan sumber daya yang paling sukar untuk dikendalikan dan didayagunakan, masuk ke dalam kancah karya, yaitu persoalan manusianya. Karena itu manajemen menetapkan cara pengendalian manusia itu sendiri.

Selain itu, pertanyaan tentang manajemen dapat dijawab dengan melihat fungsi manajemen itu sendiri, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pengkoordinasian, pelaporan, pembiayaan, pengaturan, pengarahan, pendorongan, dan pengomandoan.

Untuk membedakan manajemen pemerintahan dengan manajemen niaga, dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Manajemen niaga banyak tergantung dari suasana pasar sedangkan manajemen pemerintahan kurang sentuhan pasar.
  2. Manajemen niaga mandiri dan otonom dalam keputusannya, sedangkan manajemen pemerintahan harus melihat kepentingan rakyat banyak.
  3. Manajemen niaga hanya dinilai mereka yang terkait, sedangkan manajemen pemerintahan dinilai orang banyak.
  4. Manajemen niaga bertujuan keuntungan ekonomi, efisiensi, mutu, dan relasi serta pangsa pasar, sedangkan manajemen pemerintahan sangat kompleks dan sangat sulit diukur.

Selain itu, bila melihat pelayanannya maka pelayanan manajemen niaga mendapat imbalan uang dari penggunannya, sedangkan manajemen pemerintahan hanya mengharapkan pengabdian. Sementara itu dalam manajemen pemerintahan pelayanan hanya diberikan pada yang baik dan benar, sedangkan untuk yang brutal dan keliru diperlukan kekuasaan. Oleh karena itu, dalam manajemen pemerintahan harus mempunyai kekuatan untuk menjaga rakyatnya. Itulah sebabnya, manajemen ini juga mengelola kejaksaan (untuk menuntut), kepolisian (untuk menertibkan), militer (untuk mengamankan), hakim (untuk memutuskan), penjara (untuk mengurung) yang bersifat pemaksaan.

Selanjutnya, agar mendapat legitimasi dari rakyat banyak diperlukan pemilihan umum untuk memilih para manajer pemerintah tersebut di satu pihak. Selain itu, diperlukan pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang akan membuat peraturan dan mengawasi jalannya roda manajemen pemerintahan.

Para manajer pemerintahan selain benar dalam pemaksaan kehendak diharuskan juga baik dalam pelayanan, dengan demikian terjadi dialektika antara logika pemerintahan dengan etika pemerintahan. Bahkan kalau perlu manajer pemerintahan juga mendialektikakannya dengan seni memerintah sebagai estetika pemerintahan itu sendiri.

Manajer yang benar berbeda dengan manajer yang baik, karena adakalanya manajer itu benar tetapi tidak baik, atau sebaliknya baik tetapi tidak benar. Sebagai contoh manajer yang benar tetapi tidak baik adalah manajer pemerintahan yang mengusir pedagang kaki lima dari jalan protocol karena menimbulkan kemacetan dan kotor. Sedangkan manajer yang baik tetapi tidak benar adalah manajer pemerintahan yang melayani pedagang kaki lima berjualan di sepanjang protocol karena berbelas kasihan kepada kaum pedagang.

Untuk itu manajemen pemerintahan harus membuat peraturan yang baik dan benar secara seimbang. Maksudnya, setiap manajer pemerintahan memiliki intelektual dan kecerdasan yang tinggi dalam ilmu pemerintahan, memiliki moral yang tinggi serta memiliki seni yang tinggi. Itulah sebabnya, filosof kenamaan Yunani, Plato, mengharapkan para negarawan itu sebaiknya adalah filosof.

Hal ini terlihat pada diri Nabi Muhammad saw. yang selain sebagai nabi dan rasul yang melindungi yatim piatu, tetapi juga kepala pemerintahan yang berperang di medan laga. Berbeda dengan Sang Budha yang meninggalkan Kerajaan Kavilawastu, atau Musa as. yang dikejar oleh pemerintahan Fir’aun (Ramses II), begitu juga Yesus Kristus yang diburu Pemerintah Pontious Pilatus.

Berdasarkan uraian dalam pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Ada beberapa karakteristik dan perilaku birokrat yang akhir-akhir ini menjadi patologis (penyakit) dalam pemerintahan, yaitu: budaya feodalistik masih terasa, kebiasaan menunggu petunjuk pengarahan, loyalitas kepada individu bukan kepada tugas organisasi, belum berorientasi pada prestasi, keinginan untuk melayani masih rendah, belum ditopang teknologi secara menyeluruh, budaya ekonomi biaya tinggi, jumlah pegawai negeri relatif banyak tetapi kurang bermutu dan asal jadi.
  2. Organisasi pemerintah berbeda dengan organisasi mana pun di dunia, karena ada tiga hal penting yang dimilikinya sebagai wewenangnya, yaitu sebagai berikut.
    1. Bila organisasi lain tidak diperkenankan membunuh orang dan bahkan dapat dituntut maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan hukuman mati.
    2. Bila organisasi lain tidak diperkenankan mengurung orang walaupun dalam waktu yang sangat singkat maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan penjara atau lembaga pemasyarakatan.
    3. Bila organisasi lain tidak diperkenankan memungut uang dengan paksa tanpa alas an yang jelas karena pemberian jasa tertentu maka organisasi pemerintah diperbolehkan, biasanya disebut dengan pajak
  3. Sumber daya manusia merupakan faktor utama dala birokrasi pemerintahan, khususnya birokrasi di Indonesia, sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten sangat diperlukan guna mengisi birokrasi di Indonesia. Akan tetapi, perekrutan pegawai baru tersebut masih diliputi kecurangan seperti kolusi maupun nepotisme. Oleh sebab itu juga para pegawai negeri sulit untuk dimotivasi untuk berprestasi dan mengabdi pada bangsa dan negara.
  4. Pelayananan pemerintah berfungsi untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan memenuhi kebutuhan dan kepentingannya. Pelayanan itu terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu (a) biayanya relatif harus lebih rendah, (b) waktu untuk mengerjakan relatif cepat, dan (c) mutu yang diberikan relatif bagus.
  5. Manajemen pemerintahan adalah kemampuan pemerintah untuk mengelola segala sumber yang ada, baik manusia maupun alam guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Untuk itu manajemen pemerintahan harus dipimpin oleh manajer yang berintelektual dan memiliki kecerdasan dalam ilmu pemerintahan, juga memiliki moral serta seni yang tinggi sehingga dapat membuat peraturan yang baik dan benar.

DAFTAR PUSTAKA

Syafiie, Inu Kencana, Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia SANRI, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2006.

Widodo, Joko, Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja, Malang: Bayumedia, 2007.

Advertisements

53 responses

  1. tampilan anda dan postingannya bagus dan bermanfaat
    thank you gan

  2. When I first saw this title Pengetahuan Umum Muhammad Fathurrohman on google I just whent and bookmark it. Hello there! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My site addresses a lot of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!

  3. I just want to mention I am all new to blogging and absolutely liked your page. Very likely I’m want to bookmark your blog post . You definitely have wonderful writings. With thanks for sharing with us your website page.

  4. I simply want to say I am just newbie to blogging and site-building and actually savored this web page. Very likely I’m want to bookmark your website . You amazingly come with superb article content. Cheers for revealing your website page.

  5. I simply want to mention I am very new to blogging and truly loved this web-site. Very likely I’m planning to bookmark your blog . You absolutely have remarkable stories. Appreciate it for sharing with us your webpage.

  6. What is the average start up cost for a high profile website?

  7. How many blog post should i have before i start promoting it?

  8. Is anything better then WordPress for building a web presence for a small Business?

  9. Yahoo results…

    While browsing Yahoo I found this page in the results and I didn’t think it fit…

  10. I noticed that WordPress charges a fee for you to make changes to your blog and blogspot doesn’t..But does wordpress have some other advantage over google’s blogspot that I’m missing?.

  11. News info…

    I was reading the news and I saw this really interesting topic…

  12. I am a 19 year old female quadriplegic and a mother of a two-year-old daughter. I am not able to work because of my disability but I do have a voice-activated computer and I know a lot about computers and the Internet. I want to start a website I do not know about what. I need IDEAS! I would like to make some profit on my website but I do not know how to do that or how to get companies to pay to put ads up on my website. I don’t even know where to go to start my own website. I need lots and lots of help if someone would like to help me out or maybe be partners with me when the website starts making a profit you will get a portion of the profits..

  13. You ought to experience a contest personally with the finest blogs on-line. I’m going to suggest this page!

  14. I truly treasure your piece of function, Wonderful post. CHECK ME OUT BY CLICKING MY NAME!!!

  15. Can one become a partner on YouTube with copyright content on their page?

  16. Amazing weblog! Do you’ve got any suggestions for aspiring writers? I’m hoping to start my own blog soon but I’m a bit lost on everything. Would you suggest starting with a no cost platform like WordPress or go for a paid option? There are so numerous choices out there that I’m entirely overwhelmed .. Any suggestions? Appreciate it!

  17. Oh my goodness! an incredible article dude. Thank you However I am experiencing problem with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting identical rss downside? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

  18. Dreary Day…

    It was a dreary day here yesterday, so I just took to piddeling around on the internet and realized…

  19. News info…

    I was reading the news and I saw this really cool information…

  20. I have been surfing online greater than three hours nowadays, yet I by no means found any attention-grabbing article like yours. It is pretty worth sufficient for me. Personally, if all website owners and bloggers made good content material as you did, the net will be much more useful than ever before. “Wherever they burn books, they will also, in the end, burn people.” by Heinrich Heine.

  21. Merely wanna input that you have a very decent site, I love the design and style it really stands out.

  22. Digg…

    While checking out DIGG yesterday I noticed this…

  23. Nice post. I learn something more difficult on different blogs everyday. It would at all times be stimulating to learn content material from other writers and observe a bit of something from their store. I’d favor to make use of some with the content material on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a link on your web blog. Thanks for sharing.

  24. Those who are occupied enough to deal with what they’re feeding on and once for several months or higher are in all likelihood to have fat. The load getting rid of procedure is quite a worrisome undertaking. Plenty of different ways are available to drop some weight nevertheless it involves true dedication time-span as well. Exercising and dieting are among the methods but the utilization of specified prescription drugs has got came into common use in the the last few years. phentermine results These types of medications include became truly worth but are not ideal for each and every and everybody. Just the seasoned dieticians order these kind of prescription drugs which are prone to grow a few complications on account of extra weight.

  25. Purchase a collocation professional. Owners who are not shops of one other organization needs to be located inside a knowledge heart.
    Make sure the info center is protected mentally or physically, has
    plenty of power backup pre-book and is in close proximity to
    in your area. hostgator review Be sure they also do not do the job next to volume and that you is able to get your current playground for providers evolved because your business enterprise may

  26. Its hard to find good help…

    I am forever saying that its difficult to get quality help, but here is…

  27. Should you be mixed up in the world wide web website hosting location,
    there are many features one glimpse with regard to.
    The likes of trustworthiness, website web hosting treatments, and also total website hosting testimonials
    certainly are a factor people try to find via web web hosting service enterprises.
    Typically the grounds intended for looking into hostgator coupon assessments would be to help to make positive you decide an experienced hosting firm similar to HostGator.
    HostGator contains made automobile from the web page web host globe coming from a reasonable length of time from
    website hosting go through. HostGator has been around since 1992.
    Shortly after reading typically the reviews, you may get an improved perception of just
    what the party thinks about HostGator.

  28. I am certain it’s to figure out relating to Bluehost since HostGator nevertheless in our I can’t believe that you may break using possibly system.
    HostGator plus bluehost login are great website hosting suppliers that have existed for a long
    period. The very first thing it’s possible you’ll check is considered the price tag versus the functions.
    That should help a person slim them decrease. A good
    web site to obtain more specifics might possibly be HostGator
    VS Bluehost.

  29. HostGator has attained a universal acknowledgement in a tiny amount, plus it consistently carry
    on being probably the most well-performing webpage hosting service
    provider until now. Be simple idea that hostgator coupon code has got the private knowledge centre is a great really make a difference and enable meant for superior up time.
    Typically the wavelengths of downtime occurrences usually are shut to help nothing which
    often equals equipment reliability.

  30. WONDERFUL Post.thanks for share..extra wait .. …

  31. News info…

    I was reading the news and I saw this really cool topic…

  32. Weight reduction could seem impossible to you.

    But, for convenient weight loss buy phentermine online will work as a good different.
    Look around and investigate the car dealer who will give you low cost
    phentermine assisting you to eliminate those people
    extra pounds regarding excess fat without spending very much
    lbs from the wallet. Obtain tips about , and
    other information on the web page. Help guide Working with Phentermine To Get This Perfect Form
    and Shape. Putting on weight is not hard. Although reducing these extra inches through the is not really a piece
    of cake. Number of campaigns and occasion must
    join a physical fitness hub as well as adhere to a fat burning plan.

  33. Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website? I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  34. Because of this, for anybody who is your 1 in quest of website-web organizing provider institution, bluehost review is the ideal alternate.

    This approach expert services will charge solely $ six
    to eight.Ninety three every month. Following designing with the critique, there
    is no location let with respect to suspect, and even at virtually every
    trouble, the sale you will of total cash rebates yet again guarantee need to be strength of mind plenty of.

    Bluehost is considered the most effective hosts might be in the market.

  35. Digg…

    While checking out DIGG yesterday I noticed this…

  36. Apart from having quickly, hostgator coupons at the same time resources most people while using ideal computers who have a
    very reliable link. The actual features in the endless MySqL collection equip one to prepare web hosting service to get diverse sites, discussion boards as well as other marketing web web pages.
    You can obtain alot more dependable information regarding their particular agencies by getting
    an important appearance in the HostGator ideas.

  37. As I web-site possessor I believe the content material here is rattling wonderful , appreciate it for your hard work. You should keep it up forever! Good Luck.

  38. Great write-up, I°¶m normal visitor of one°¶s site, maintain up the excellent operate, and It’s going to be a regular visitor for a lengthy time.

  39. Its hard to find good help…

    I am forever proclaiming that its hard to procure quality help, but here is…

  40. Yes! Finally someone writes about %keyword1%.|

  41. Wikia…

    Wika linked to this website…

  42. Hi there, I desire to subscribe for this web site to get newest updates, therefore where can i do it please help out.

  43. Thanks for some other excellent post. Where else may anyone get that kind of info in such an ideal manner of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.

  44. I believe you have remarked some very interesting points , thanks for the post.

  45. You have very nice blog here. Only one thing what I noticed, it was very hard to find it from google (at least with my search term). You should check this: http://bit.ly/14AbDBH I use it on my wp blogs. It will definately help you getting better ranking in google so more traffic 🙂

  46. I simply couldn’t leave your site prior to suggesting that I actually enjoyed the usual info an individual provide to your visitors? Is gonna be back incessantly to check out new posts

  47. When I initially commented I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I get 4 emails with the exact same comment. Is there a means you are able to remove me from that service? Many thanks.

  48. Thank you for your perform. Write-up helped me a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: